On Thu, Jul 17, 2008 at 10:53 AM, Albert Siagian <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Bisa diceritakan, dari pengalaman pribadi anda, resiko tinggi apa saja
> sudah anda alami dan tidak bisa diatasi oleh VMWare Server?

IMHO yah. :-)
Mas Albert, yang berbicara bukan saya, tapi partner VMware yang berbicara.
Secara khusus, vmware esx memiliki engine dan kapabilatas lebih luas
seperti vmotion, HA, clustering (bukan clustering level server),
resource pool dll. consolidate backup, DRS etc etc.
Ini lebih reliable dibanding vmware standard (server/ wks)

sebagai contoh, apabila physical server mati, seketika system akan
berpindah ke server lain yang hidup tanpa hambatan. hanya kehilangan 1
kali time out ping.
Atau, apabila salah satu vm load tinggi, kita bisa pindahkan vm yang
lain ke physical lain dengan seketika (1-2 time out ping).

dan ini juga yang bisa dibaca di websitenya vmware,

Saya tidak akan membiarkan system production saya menyerahkan
produktivitasnya pada server host yang notabene adalah Windows atau
Linux etc. Kalo ESX, Vmware menjamin reliabilitas yang lebih tinggi
dengan kernel yang di modifikasi, dimana filesystemnyapun sudha
mendukum vmware fs (VMFS). Kemudahan dan reliability seperti Vmotion,
HA, Clustering, resource pool itulah kenapa saya bilang vmware esx
lebih reliable dibanding vmware kelas lain.

Sekali host kita down, maka matilah semua vm disana.

Secara logika, tidak mungkin vmware menjual esx apabila gsx/ server/
wks versionnya bisa memenuhi hal tersebut.

betul, Hyper-v sudah direlease, tapi apabila dibaca di FAQ microsoft
hanya bilang bahwa sejauh ini mereka seneng dengan perkembangannya,
itu ketika ditanya begaimana dibandingkan dengan vmware.

Kalo virtual server ms dan virtual pc lebih ok,  microsoft gak mungkin
ngembangin hyper-v. hyper-v saya yakin belum mature.
Demikian dari saya.

~o