และฮอนด้า.the.orca wrote:

> Jadi secara langsung mas albert mengatakan bahwa menggunakan vmware
> server dan vmware esx adalah sama kemampuannya?
> baik dari sisi kemudahan maupun dari sisi performance?

Sejak awal saya sudah tahu kemampuan 2 produk tersebut berbeda. Tapi
mengatakan pakai VMWare Server itu resikonya tinggi, menurut saya tidak
tepat. Apalagi "resiko tinggi" ini kata partner VMWare, yang memang
bisnisnya adalah menjual produk berbayar.

Seperti yang saya tulis, VMWare membuat 2 produk ini dengan positioning
(target market) yang berbeda. Bukan berarti mereka bikin produk
"reliable" dan "less reliable".

> Setahu saya saya tidak membandingkan semua produk tersebut, say ahanya
> menyarankan untuk production server jangan menggunakan yang vmware
> server, tapi pakai vmware infra 3 (atau esx apalah namanya).
> disini saya hanya berbicara realitas saja karena kemudahan maintenance
> dan fungsi high availabilitynya saja.

Nah, itu dia, anda bicara realitas, tapi bilang "risk tinggi itu adalah
kata partner VMWare". Jadi sebenarnya, realitas, anda sudah pakai ESX
atau belum? Anda sudah pakai VMWare Server belum?
Saya sudah running 2 Server pakai VMWare Server, dan tidak ragu-ragu
untuk pakai produk ini di server lainnya, jika dibutuhkan.

> Saya sendiri hanya menjawab secara kemampuan, bukan positioning.

Kemampuan itu ada hubungannya dengan positioning (target market).
Itu sebabnya saya yakin, kemampuan dan fitur VMWare Server tidak akan
pernah sama dengan ESX.

Tidak semua orang butuh fitur-fitur yang ada di ESX. Tidak semua
perusahaan butuh (near) zero downtime.

> Kalo saya mungkin bukan bertbicara secara diskusi ilmiah forum dll,
> tapi apa yang saya rasakan, reliabilitas vmware esx cukup bisa saya
> andalkan, juga soal disaster recovery yang cepat dan mudah. Mungkin
> saya belum pernah merasakan vmware server rusak di production (belom
> pernah jadi production), tapi pernah di development, dimana satu
> server windows rusak dan hancurlah vm saya (maksudnya downtime yang
> cukup

Jadi ada satu kejadian server test rusak, dan vm hancur, kemudian anda
bilang "risk tinggi pakai VMWare Server"?

BTW. Saya pernah test matikan server secara paksa (cabut kabel listrik.
VM tidak shutdown dengan normal), dan tidak ada masalah pada saat up
kembali.

Kalau saya misalnya test ESX, kemudian ada masalah, dan telpon partner
VMWare, tapi dia ngga bisa jawab, saya juga bisa bilang "risk-nya tinggi
pakai ESX" :-)

Salam
Albert