> Sejak awal saya sudah tahu kemampuan 2 produk tersebut berbeda. Tapi
> mengatakan pakai VMWare Server itu resikonya tinggi, menurut saya tidak
> tepat. Apalagi "resiko tinggi" ini kata partner VMWare, yang memang
> bisnisnya adalah menjual produk berbayar.
>
> Seperti yang saya tulis, VMWare membuat 2 produk ini dengan positioning
> (target market) yang berbeda. Bukan berarti mereka bikin produk
> "reliable" dan "less reliable".

Saya sih berfikir begitu mas.
Anda kan ambil pemikiran sendiri juga? dari dari link2 yang anda kirim kan?
kalo misal kita harus berfikir sama link2 itu, yah dunia seragam dong :-)

Nah pemikiran saya, vmware server untuk production resiko tinggi jelas
dibandingkan dengan tingginya SLA yangs aya harus pegang.
jadi fungsi yang ada dalam vmware infra 3 yang saya pakai jelas
membantu reliabilitas tinggi yang saya pertaruhkan disini.

Nah positioning untuk high risk disini buat saya (menurut saya) cukup tepat.
Jadi menurut saya ini hanya masalah pemahaman saja.

kebetulan baru saja vmware server saya servernya down (os corrupt),
harddisk rusak (baru saja).
Perlu lama sekali membalikan keadaan.
Walau tidak ada jaminan dengan esx lebih ok, tapi dalam kasus yangs
aya alami hal tersebut menjadi resiko tinggi.
Itulah pemahaman saya. tentu pendapat hal lain2 saya hargai karena
mungkin pemikiran tersebut berdasar hal2 ilmiah penelitian.

Analoginya, dosen saya bilang "Saya tidak setuju definisi Struktur
Organisasi di buku ini"
"Say alebih setuju hanya kepada 4 orang ini"

Nah hanya masalah mana yang hendak diterima untuk keadaan masing2 orang.
Buat saya (pribadi) tidak akan sekalipun menyerahkan production server
kepada Vmware Server.

Kalo buat yang lain hendak menyerahkan kepada vmware server, yang
monggo saja lah :-)

Udah ah. Habis bandwidth :-)

~o