From: " (Ryo Saeba)" <[EMAIL PROTECTED]>

Date: Wed, 30 Jul 2008 00:24:30
To: <ITCENTER@yahoogroups.com>
Subject: Re: [ITCENTER] mohon bantuannya

On Wed, Jul 30, 2008 at 12:08 AM, M. Ridzal <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saya punya kamera digital pocket Canon Powershot 450. Saya biasa cek isinya
> di laptop dgn kabel USB biasa di laptop dan USB mini di kamera tanpa harus
> install software bawaannya kalo sekedar lihat isi memory card dan mencopy
> atau menghapus bisa dilakukan langsung.

itu artinya kameranya bekerja sebagai USB mass storage, kalau anda
bisa menghapusnya langsung via explorer.

> Nah kamera bung Paul ini Canon G7 yang notabene setau saya jauh lebih canggih
> daripada punya saya. Saya yakin dgn cara kedua itu pun tinggal colok saja
> kabel USB bawaan packetnya dan ga perlu install software bawaan kalo sekedar
> lihat, apus, rename, dan copy.

kamera digital yang praktis punya 2 cara untuk koneksi USB ke
komputer: sebagai usb mass storage atau menggunakan PTP, picture
transfer protocol. canon yang lama pakai PTP, canon yang baru ada
beberapa yang bisa disetting dari kameranya mau mode USB mass storage
atau mode PTP jika mendeteksi ada kabel USB dicolokkan ke komputer.
PTP ini sudah disupport built-in di OS yang modern seperti windows,
mac dan linux.

belakangan mulai muncul cara selain dengan kabel: transfer via infra
merah langsung ke printer, atau via wifi.

--
things left unsaid, http://ryosaeba.wordpress.com
maxgain scams, http://maxgain.wordpress.com