kagem Henkie,

tidak semua psu mempunyai fitur aktif pvc yg bisa menghandle voltage
yg rendah mulai dari 110 sampe 230volt. dan yg punya fitur pfc tentu
juga mahal. kalo cuma bisa 158v sampe 230v biasanya cuma passive pfc
atau malah tidak ada. tetap rawan kalo listrik fluktuasinya cukup
tinggi. stabiler lebih penting untuk menstabilkan listrik pada voltage
tertentu daripada cuma berfungsi sebagai step up kalo voltage rendah.
syukur bisa dapat ups dengan stabiliser integral.
banyak kejadian hardware rusak walupun sudah make stabilser atau ups
sekalipun, karena arus yg keluar dari psu abal2 yg tidak bisa mennsuply
arus/rail dengan stabil. karena psu adalah jantung dari semua yg ada
di system. banyak komponen sangat bergantung dengan kualitasnya.
imho
--
matur nuwun,
bakt

Sunday, October 19, 2008, 3:42:21 PM, sampeyan nyerat: