Wiempy wrote:

> Mas Steph di kntr saya pakai server IBM X-Series model
> X3200, yg saya suka dari server IBM lebih compatible
> diinstall berbagai macam distro Linux. Semua devices atau
> hardware terinstall dgn baik ketika saya install CentOS,
> OpenSuse, dan Fedora Core, Ubuntu Server maupun
> distro2 turunan debian lainnya. Utk server Dell dan HP
> ada beberapa tipe yg gak support diinstall distro Linux
> berbasis debian. Klo diinstall yg berbasis RedHat (RPM)
> lancar2 dan baik dlm deteksi semua jenis hardware.
> Memang sayangnya spare parts-nya mahal klo kita mau
> upgrade maupun service.

Kalau anda lihat lihat system handbook dari IBM, Sun, HP, Dell, Fujitsu
dan berbagai named server lainnya, kan kelihatan dia supported untuk
Linux variant yang mana. Kalo dia sudah listed Red Hat sebagai supported
OS, dan SuSe tidak, ya jangan berharap banyak. Dan menurut saya, logika
pemilihan solusi itu sebetulnya dari bussines goal -->
software/application stack--> operating environment --> hardware
platform. Kalo sampai milihnya kebalik, beli hardware baru mau milih
diinstallin OS mana, ya keleru lah.

BTW, saya jadi tertarik dengan kalimat anda "CentOS, OpenSuse, dan
Fedora Core, Ubuntu Server maupun distro2 turunan debian lainnya"

apakah ini maksudnya ""CentOS, OpenSuse, dan Fedora Core, Ubuntu Server"
itu semua turunan Debian?