From: Yuan Yudistira <yuanyudistiram...@gmail.com>
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Sent: Tue, August 10, 2010 12:09:44 PM
Subject: Re: [ITCENTER] Server aman buat kantor

ikutan nimbrung ya ...

yang penting salah satu nya (server) ada IP publik,
pakai Speedy yang corporate setahu saya dpt IP publik

Kalau aplikasinya berbasis web, maka tinggal publish port 80, aplikasi
bisa di akses via http

Kalau aplikasinya berbasis desktop (client server),
maka yang aman antar kantor pusat dan cabang
dikoneksikan pakai VPN.

yang jadi VPN server nya cukup di pusat,
nanti di pc user di cabang konek sbg VPN client
(atau jika seluruh user dicabang harus bisa konek
ke server, maka di setup site-to-site VPN)

Untuk setup VPN nya, bisa pakai banyak, dari yang bayar
sampai gratisan (openVPN)

Dari pengalaman saya lebih enak pakai windows server 2008,
saya simpan di belakang untangle ...

Salam

Yuan