Ikut usul ya.
Harus di pikirkan juga dari sisi biaya dan keamanan.
1. Kalau pengen biaya hemat dan security tidak terlalu penting, bisa lewat
internet dengan tunnel.
2. Kalau lebih mementingkan security pilih layanan VPN dari penyedia jasa
telekomunikasi(biasa di gunakan perbankan).
3. Soal kehandalan, kalau sistem butuh yang handal, saya rasa speedy kurang
bisa di andalkan, karena kalau putus susah menghubungi bagian pelayananannya,
yang handal pilih koneksi vpn atau internet dedicated(astinet kalau telkom).
4. Soal kemudahana, kalau pake internet+tunnel, anda yang seting(atau sewa
orang yg bisa). Kalau VPN anda tinggal pakai, demikian pula soal troubleshoot
kalau ada masalah.

Itu sekedar saran dari saya, mudah2an bermanfaat.