On Mon, 31 Jan 2011 02:09:32 -0800 (PST)
Ihsan Wahyu Juardi <eyewillw...@yahoo.com> wrote:

> kalau permission aclnya rumit pakai windows server dan digabung dengan
> storage
> QNAP pakai iSCSI,  kapasitasnya bisa dynamic, QNAP sendiri bisa buat file
> server,

Apa tidak lebih gampang beli LSI MegaRaid, lalu bikin hardware RAID sendiri di
dalam box Windows Servernya?
Bisa 8 disks pula. Lebih kenceng, murah dan mengurangi failure point.

Saya sih baru makai NAS di iSCSI-kan kalo buat Shared Storagenya VMWare ESX
atau Oracle VM x86. Tapi kalo untuk direct file serving dan memang butuh AD
permission yang sophisticated, ya Windows lah jawabannya, lalu direct hardware
saja sharenya.
iSCSI baru dipakai ketika dibutuhkan suatu volume diakses berbarengan oleh
beberapa host (SAN), tapi ndak kuat beli Fiber Channel SAN, jadinya lalu pakai
NAS via iSCSI.

--
syiwabhair...@yahoo.com.sg <syiwabhair...@yahoo.com.sg>