From: Billy Zulkifli <billyzulki...@gmail.com>
Sender: ITCENTER@yahoogroups.com
Date: Thu, 1 Aug 2013 14:01:05
To: <ITCENTER@yahoogroups.com>
Subject: Re: Bls: [ITCENTER] ISP di Surabaya

coba bantu aja,

kami menggunakan 2 type layanan internet

1. up-to, untuk keperluan browsing-browsing karyawan yang dimana lebih
memerlukan downstream dan upstream tidak begitu dipermasalahkan

2. dedicated, karena kami memiliki web server, mail server, ftp server dan
voip serta video conference

untuk yang pertama, sla tidak menjadi patokan, tetapi yang kedua, down 10
menit saja provider sudah kena omel.
Jadi untuk menentukan kebutuhan akses internet itu jangan asal saja, harus
dipikirkan juga kebutuhan yang nantinya  (minimal 1-2 tahun) akan
diimplementasi
siapa tau nantinya akan ada kebutuhan UTM/firewall, ga sekedar "bisa
browsing doang".

Kalau hasil analisa kebutuhan itu yang diajukan ke bos, harusnya mau
harganya seberapa juga ya ga masalah sepanjang sesuai dengan kebutuhan

kalau butuh bandwidth berapa, harus ditanyakan dulu, yang make internet ada
berapa? kalau tujuannya hanya untuk browsing dan sekitar 20-30 orang,
menggunakan first media yang upto 12 Mbps dan harga 700 ribuan itu sudah
sangat murah.

murah disini juga harus berhati-hati, karena "siapa tau" karena murahnya
tidak semua port yang dibuka. kita harus request dulu kalau mau masuk ke
hmmm..misalnya port cpanel atau vpn ke e-banking bca, atau yang lainnya

speedy itu 3 Mb harga 1,6 tapi yang mereka blok hanya port 25 saja, itupun
terpaksa karena dulu sempat masuk top 3 penyumbang spam terbesar di dunia

koreksinya ya jika saya salah menyampaikan :-)