Ini analisa ngawur gw berdasarkan pengalaman:

What you will lose:
1. Easy remoting and clustering configuration. Yeah yeah di Spring
juga bisa remoting dengan banyak framework seperti Jencks, Lingo,
Hessian, Burlap dsb, tapi gak semudah dengan EJB3. Dan Session bean
cluster config masih lebih mudah dibanding Http session cluster dengan
terracotta.

2. Mudah mem-webservice-kan existing business layer. Yah Session
beannya tinggal di annotate dengan @Webservice doang kan. Untuk
mem-webservice-kan 'existing' business layer di Spring bisa gampang
juga sih kalau pake CXF, asal jangan pake Spring-WS, bisa mabok ente
:))

3. Managed persistence context. AFAIK managed PC di Spring tidak
sebagus bila menggunakan EJB3 Session bean.

4. Stateful component dengan SFSB. Yah kalau ini sih Spring fanboys
bakalan bilang di state (which is HttpSession) dari web layer-nya aja
seperti state-nya JSF/Tapestry/Wicket. Tapi masalahnya untuk
scalability HttpSession itu gak sebagus SFSB.

What you will gain:
1. Loose coupling to a specific appserver. Ajaib memang selama ini JCP
selalu mengadvertise kalau pake spec JCP maka anda tidak akan tightly
coupled to a specific appserver. Mimpi yang masih di awan-awan.
Kenyatannya bikin EJB yang jalan di JBoss 'belum tentu' langsung jalan
di Glassfish dsb. Kalau memang suka gonta-ganti appserver, this is
what you will gain by using Spring.

2. A glue code to several framework. Kelemahan JEE5 adalah mereka
mendefine komponen2 yang berdiri sendiri2. Hebat sih, tapi sekarang
ini yang kita butuhkan adalah glue code untuk gabung2in komponen2
tersebut. Mungkin JEE6 akan lebih baik dengan adanya Web Beans yang
lagi dikerjain sama Gavin King dan Bob Lee. Tapi mumpung nungguin itu
kelar, which is masih lama lagi, di Spring hal ini sudah ada duluan.

3. Deployable on Tomcat/Jetty ! Yah memang bisa sih pake embeddable
JBoss kalau mau deploy EJB3 di Tomcat, tapi ini mah ngawur karena size
library-nya embeddable JBoss aja lebih gede (13MB) dari size
Tomcat-nya (5MB) secara overall :))

--
I'm a coder not a drag-n-dropper

Blog: http://joshuajava.wordpress.com/