Arif Rachim wrote:

> Point apa yang sedang dibicarakan sebenarnya adalah kelemahan dari
> HttpSession Failover untuk clustering menggunakan WebApp, sehingga gw
> menunjukkan example strong point dari menggunakan EJB.
>
> Sebenernya penggunaan contoh user dan roles itu salah satu sample aja,
> bentuk lainnya bisa banyak, misalnya kalau kita ingin membuat shopping
> cart dan items :) shopping cart di maintain di httpSession, bayangkan
> kita sudah memesan 10 item, dan kita menambah satu item lagi kedalam
> shopping cart maka object akan di redistribute ke 11 item tersebut ke
> [...]

Tergantung sudut pandangnya bagaimana.
Gua pernah belajar cukup mendalam osCommerce.
osCommerce ini software open source paling
populer untuk shopping cart.
Shopping cart osCommerce bisa disimpan dalam bentuk
file serialisasi session atau dalam database.
Memang ini lambat tapi gua rasa nggak dumb juga.
Developer osCommerce punya pertimbangan cukup valid
untuk melakukan hal ini.

Pertimbangannya tergantung lu mau kehilangan transaksi atau
nggak kalau ada salah satu node elu yang down dalam
konfigurasi cluster.  Kalau shopping cart di redistribute maka
nggak bakal ada item hilang kalau ada node yang down.
Tentu ini ada costnya. Sama seperti menyimpan
session dalam bentuk file atau database.
Tinggal dipertimbangkan saja cost benefitnya.

Apa yang dumb menurut developer bisa saja dianggap
smart decision menurut para pemilik toko yang
pakai osCommerce. Sekalipun lu bilang mereka dumb
tapi gua jamin lu kalah suara soalnya yang pakai
osCommerce seabrek-abrek. :-p

Kirim email ke