Hi Ifnu,

Yap.... karena ini takutnya akan mempengaruhi skema licensing dari berjuta
device dan aplikasi di dunia :p

Dan dengan posisi Sun yang penting ini, big company seperti Google atau Red
Hat sepertinya tidak akan tinggal diam ya ? Mudah-mudahan tetap ok lah.

Dan saya sebagai business owner terus menerus mengupdate model bisnis saya.
Dari idealisme menjurus ke linux + opensource community, terus ke
partnership dengan Pentaho (with Licensing) karena ini menjamin
sustainability Pentaho dan kita sendiri.

Saat ini malah model bisnis solusi IT yang interoperatibilitas yang akan
saya usung tapi tetap ke core competency saya - business intelligence / data
management  :)

Ifnu sendiri juga business owner kan ya ? Artivisi sendiri diposisikan
seperti apa ya ?

Btw, ternyata bukan hanya Sun loh yang drop... lihat ini :

http://finance.google.com/finance?q=NYSE%3AIBM

Regards,

Feris

--