yup, bener pak, skrang program sudah bisa saya build n deploy ke
glassfish. pas saya coba jalanin skrang yang muncul di browser adalah sbb :

Exception [TOPLINK-4002] (Oracle TopLink Essentials - 2.0.1 (Build b04-fcs
(04/11/2008))): oracle.toplink.essentials.exceptions.DatabaseException
Internal Exception: java.sql.SQLSyntaxErrorException: Table/View
'WEB_BOOKSTORE_BOOKS' does not exist.
Error Code: -1
Call: SELECT BOOKID, PRICE, DESCRIPTION, FIRSTNAME, TITLE, CALENDAR_YEAR,
SURNAME, INVENTORY, ONSALE FROM WEB_BOOKSTORE_BOOKS WHERE (BOOKID = ?)
        bind => [203]
Query: ReadObjectQuery(com.sun.bookstore.database.Book)

Nah terus terang saya rada bingung, karena membaca tutorial jee ini,
hanya dijelaskan mempersiapkan app server doang untuk deploy app kita,
tapi tidak ada step untuk persiapan db yang akan dipakai. Chapter 2 di
java5eetutorial tidak disebutkan database apa yang digunakan.

Saya coba cari2 di folder Tutorial bundle
(http://java.sun.com/javaee/5/docs/tutorial/information/download.html)
saya dapatkan folder ..\javaeetutorial5\examples\common\sql\javadb,
terdapat 1 file sql bernama tutorial.sql. nah file ini digunakan untuk
generate table-table yang dibutuhkan.

Nah kalau nggak salah (saya menyimpulkan sendiri), tutorial ini
menggunakan javaDB ? apakah benar?
Nah kalau benar, bagaimana cara generate script query diatas agar
program berjalan? Saya sudah membaca documentasi dari mas ifnu mengenai
javadb (http://ifnu.artivisi.com/?p=13), tapi karena di dokumentasi java
sendiri tidak menjelaskan apa nama database yang digunakan,akhirnya saya
jadi mentok nggak tahu harus ngapain selajutnya.

any idea???

thanks a lot

salam

sh