pertanyaan 1:

pertanyaan ini bisa menimbulkan beberapa interpretasi:
a) bagaimana mengevaluasi suatu statement javascript dari code bahasa java
--> menggunakan javascript engine berbasis java, misal rhino (
http://www.mozilla.org/rhino)
b) dari nada pertanyaannya sepertinya yang ditanyakan, bagaimana melakukan
trigger event javascript di dalam browser seperti yg biasa dilakukan orang
secara otomatis --> menggunakan agent yang jalan di browser, yang triggernya
dilakukan oleh code java, salah satu cara dengan menggunakan selenium
firefox addon, triggernya dapat dilakukan dengan java code dengan
pemanggilan ke selenium api.
cara lain dengan messaging (lihat jawaban pertanyaan 2).
c) ...

pertanyaan 2:

coba dipikir lagi, apakah benar anda ingin 'mengakses code javascript
langsung dari database'. bisa dijelaskan tujuannya, karena mungkin apa yang
anda inginkan dapat dicapai dengan cara lain tanpa 'mengakses code
javascript langsung dari database'.

secara teknis, apabila database anda dapat men-trigger aplikasi
java/c/c++/perl/.net etc, anda dapat membuat browser otomatis me-refresh.
untuk itu anda memerlukan protokol messaging berbasis javascript yang dapat
melakukan push message ke browser, misal bayeux, dengan implementasi seperti
cometd. protokol seperti ini terbatas untuk browser2 versi terbaru.
tetapi apabila keperluan-nya tidak terlalu strict (misal response time ga
perlu terlalu cepat), anda dapat melakukan sebaliknya, code javascript di
browser melakukan polling ke server.. cara yang kedua ini lebih simpel.

saya tidak mendalami mysql sebegitu dalam, tetapi kemungkinan besar sekarang
ini sudah ada cara untuk mentrigger aplikasi di luar (termasuk code java)
dari mysql (tentunya membutuhkan versi terbaru).
tetapi bila tidak ada, beberapa cara yang dapat dilakukan:

autonumber + java polling
bila struktur database masih dapat dikompromi (boleh diubah), gunakan atau
tambahkan bila belum ada, sebuah field autonumber/generate di tabel mysql
(misalkan field x). aplikasi java akan melakukan polling secara periodik,
dan menyimpan berapa nilai field x terbesar terakhir (misal x1 ), pada
polling berikutnya query terhadap tabel tersebut dimana nilai field x > x1.

semoga sukses.
regards,
daniel baktiar

--
Daniel Baktiar
Senior JEE* Monkey -- willing to work hard in the Java bean brewery for a