--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "aku_alien2000"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> yah sebenarnya sih yang refresh secara dperiodik pake meta html dah
> jadi.... pake javascriptnya juga udah....
> "window.location.reload(true)"

Bikin polling pake ajax menurutku lebih mudah diterapkan. Udah tau
ajax kan? bukan javascript "window.location.reload(true)" loo..
Kalo polling gitu, cuman kirim2an http request & http response yang
isinya mungkin cuman ratusan bytes, mestinya udah cukup bagus dilihat
dari penggunaan bandwith.
Jauh beda dengan mereload halaman, yang bisa berukuran ratusan kilobytes.

> nah yang protes tuh dosen saya bang tom.... mintanya ya yang aneh2
> itu tadi... :( tmn gue yang se-team ama gue ampe bela2in chat ama
> programmer2 india sana... nanya yang trigger database to javascript
> tadi... tapi programmer indianya kagak ada yang pernah tau... kata
> mereka tuh "boleh-boleh... menarik tuh... susah juga tapinya...." :(

Hebat bener networknya, ampe pake konsultan india segala.

> akhirnya aq ciptakan metode baru nih... tapi masih bingung... gmn
> caranya supaya code javaQ bisa deteksi perubahan yang terjadi di
> tabel database secara otomatis... soalnya klo dari code java execute
> javascript bisa kan katanya.... oia klo javascriptnya dijalanin
> lewat javabeans bisa gak ya??

Kmu mesti pake database yang bisa mentrigger code java. Setauku bisa
pake oracle, ga tau apa ada yang lain. Bikin trigger di databasenya,
yang akan diinvoke stiap ada perubahan di tabel tertentu. Trus trigger
ini memanggil java code yang kita bikin.
Bisa coba baca sini dulu:
http://stanford.edu/dept/itss/docs/oracle/10g/java.101/b12021/invokeapp.htm

Problem selanjutnya, gimana cara untuk ngejalanin javasript dari
server. Kalo pake http tradisional biasa, ini ga mungkin. Gimana
caranya bisa panggil javascript yang notabene jalan di browser
(client) dari server, dimana koneksinya client-server nya sudah putus.
Kok bisa ngomongin soal call javascript dari javabean segala ya? Kalo
panggil dari applet masih mungkin.
Setelah baca sekilas soal comet tadi, server push ke client itu bisa
dilakukan, karena adanya long ajax polling. Jadi ini sebenernya ajax
ajax juga, CMIIW.

Btw, IMO kalo kamu mo ngelanjutin pake comet atau BOSH, itu bakalan
keluar jauh dari scope skripsimu yang awal. Not recomemended.

Hendra.