Definisi mengkotori apa ? apakah aplikasi kita tergantung sama jar nya
webbeans gitu ?? jawaban untuk ini Tidak ! :) tapi memang applikasi
kita ada annotation webbeansnya.

Kalau kita buat object webbeans, memang kita menggunakan annotation
dari webbeans, tetapi bukan berarti aplikasi kita tightly coupled sama
webbeans. Sebab object kita yg didalam jar (sudah dicompile), walaupun
ada annotation webbeansnya tetep aja masih bisa di load oleh
classloader :) walau classloader kita tidak memiliki referensi jar
webbeans.

Terus kalau mau bener2 bersih bisa ga ?? ya jelas bisa, km tinggal
pake webbeans.xml. Tapi ini balik ke jaman SAMPAH. Emangnya masih
jaman sekarang mapping jpa pake persistence.xml ?? atau ejb tanpa
annotation.

Kirim email ke