2008/12/16 martinus j wahyudi <joshua_del...@yahoo.co.uk>:
> That's my truth opinion, no offense. Sorry man, yg gw maksud adalah kutipan
> yg di bawah ini, kalo gw baca sepintas ya, kayaknya sing langsung (jawa)
> ngenyek banget gitu. Dan sorry, aku gak liat solusi real dari paragraph ini,
> dan selanjutnya. Ingat mereka newbie, dikasih bahasa planet kayak gimana, jg
> gak bakal ngerti. Setidaknya begitu, klo ngerti ya sangat bagus.

Kalau melihat history threadnya, si Onsir Salman ini berusaha meload
combo di Swing dengan menggunakan Hibernate.
Wah ... ini bukan hal yang newbie.

Ada banyak pre-requisite untuk bisa melakukan ini:
1. Harus paham Java Fundamental
2. Harus paham cara load combo. Gak usah pakai Hibernate dulu deh,
pakai String dulu aja.
3. Harus paham cara mapping Entity class
4. Harus paham penggunaan Session, supaya bisa save, update, delete, dan query.
5. Harus paham HQL biar bisa ngambil data dari database.

Menurut saya, ini benar-benar bukan newbie.
Sebagai perbandingan, junior programmer di tempat kami saja, setelah 2
bulan belajar Java dari nol, diajarin langsung sama saya, Ifnu, dan
Martinus Ady, baru bisa benar2 paham sampe nomer 2.
Butuh at least beberapa bulan lagi sampai bisa pakai Hibernate, dan
beberapa bulan lagi sampai bisa integrate keduanya.
Dan ini juga masih belum membicarakan @Transactional,
optimistic-locking, open session in view, cache, dsb.

So, mungkin komentar pedas di atas ada benarnya ... belajar yang basic
dulu saja, biar pemahamannya bagus.
Supaya tidak jadi framework coder.
Supaya tidak 'programming by coincidence', bisa coding aplikasi yang
jalan bener, tapi gak tau kenapa aplikasi tersebut bisa jalan.
Giliran error, bingung kenapa error.
Ya gimana bisa solve, kenapa jalan aja gak tau, apalagi kenapa error.

Kalo mau survive di programming, apalagi di Java, yang penting
sebetulnya bukan skill/knowledge itu sendiri.
Tapi justru kemampuan untuk mendapatkan skill/knowledge tersebut,
alias kemampuan belajar.

Sebagai contoh saja, waktu dulu, Hibernate dan Spring full XML,
sekarang full annotation.
Kalau hanya paham gimana caranya Hibernate pakai XML, copy paste code
dari sana-sini, yang penting jalan, pasti bingung pas sekarang XML
udah gak dipake lagi.

So, bisa framework itu penting, untuk jangka pendek.
Jangka panjangnya, kemampuan googling itu lebih penting.

--
Endy Muhardin
http://endy.artivisi.com

Kirim email ke