Alex Budiyanto wrote:

> Rekan,
> Sedikit koreksi dari yang Thomas sampaikan, berikut ini saya quote-kan
> email saya ke Thomas:
> /O, iya karena tempat-nya di Sun Microsytems, kalau bisa untuk JaMu-nya
> tolong dibahas teknologi yang berelasi dengan Sun Microsystems yah.
> /Maksudnya adalah, Sun terbuka untuk menerima temen-temen dari komunitas
> disini. Silahkan kalau mau ngomong Java secara general, tapi kalau mau
> ngomong tentang teknologi dari vendor lain, monggo di sesuaikan dengan
> tempat-nya.

Yah karena saya sudah dapat manfaat dari produk Sun
bagaimana kalau saya menawarkan diri jadi pembicara.
Yang dibahas sih bukan teknologi baru tapi teknologi lama
yang teruji yaitu NetBeans, GlassFish v2 dan MySQL.

Saya saat ini sudah deploy 3 aplikasi live di
situs Galileo Indonesia:

1. Galileo Indonesia Web Service
http://im.galileoindonesia.com:8086/giws/

Ini adalah aplikasi yang mengekspose API dari
Galileo lewat WebService. API asli dari
Galileo bentuknya adalah ActiveX COM dan
cuma jalan di Windows. Harga lisensinya juga
tidak murah. Lewat situs ini maka API Galileo
saya ekspos menggunakan JAX-WS sehingga bisa
dipakai di semua platform yang ada protokol HTTP.
Pemakai GIWS ada yang develop aplikasi
di atas Linux pakai PHP juga ada yang
develop di Windows pakai .NET.
Framework yang dipakai JSF+Spring+iBatis.

2. Galileo Instant Messaging
http://im.galileoindonesia.com:8086/galileoim/

Ini adalah aplikasi yang memungkinkan pemakai
Galileo mengirimkan data booking ke pelanggan
lewat SMS. Aplikasi ini mengirimkan SMS dengan
menggunakan modem GSM yang dikendalikan lewat
port serial. Untuk bisa melakukan hal ini
maka saya menggunakan library SMSLib.
Framework yang dipakai JSF+Spring+iBatis.

3. Galileo Club
http://im.galileoindonesia.com:8086/galileoclub/

Ini adalah aplikasi point reward. Tiap travel agent
yang mendaftar masuk Galileo Club akan di catat
performancenya (Jumlah booking yang dihasilkan
untuk Galileo) dan diberikan point. Point yang
dihasilkan dapat ditukarkan dengan uang atau barang.
Aplikasi ini menjalankan proses batch yang
menganalisa semua PNR aktif di Galileo Indonesia.
Dari analisa ini maka performance agent ditentukan
pointnya. Tiap harinya aplikasi ini menganalisa
sekitar 25000-30000 booking aktif yang terdaftar.
Aplikasi ini juga mengelola claim point yang
dilakukan oleh member. Saat ini ada sekitar
1800 pemakai aplikasi yang terdaftar dan
diakses secara bersamaan oleh sekitar 20-30 pemakai.
Framework yang dipakai JSF+EJB3+JPA.

Nah yang akan saya bahas adalah bagaimana cara membangun
aplikasi diatas dan pengalaman yang didapat selama
membangun, memelihara dan menjalankan aplikasi.
Bagaimana? Full Sun software stack kan?
NetBeans, GlassFish dan MySQL. He he he.

Cuma untuk OS nya memang gak bisa Sun Solaris atau Linux karena
semua API internal Galileo jalan diatas Windows lewat ActiveX COM.

Kirim email ke