bagi gue Seam adalah bisnis untuk tetap di dunia JBoss/Redhat, dan ini
revenue, dan posisi ORM Hibernate yang gak mau disentuh, jadi Lazy itu
disolve di Seam.. biar pemakai naik ke Seam.

masalahnya gak semua orang kesana, pengalaman dg Spring, manage
Factory Hibernate di Hibernate vs di Spring, untuk apps yang diinject
dg Spring, lebih stabil di Spring,

nah sepertinya bagi pemakai non Seam harus fix sendiri tuh kasus :)

saya gak tahu ini memang hibernate gak handle scope ini atau kita
harus handle sendiri.

F -> yg lg pengen sendiri