Grafik itu cuma menunjukkan trend pertumbuhan, bukan absolut jumlah
jobnya. Kalau programmer Java 1000x lipatnya programmer Ruby, the
graph doesn't make so much sense, karena dalam 4 tahun jumlah
programmer Rubi cuma naik 10x lipat.

Satu lagi yang agak questionable, misalnya kita anggap jumlah
programmer di dunia meningkat 5% per tahun, dan Rubi naik 1000% dalam
5 tahun, harusnya ada yang jadi korban (atau turun). Kenyataannya di
grafik, paling jelek Java yang jumlahnya stagnant. So either Java user
base is soo large or Ruby programmer is too small.

Best regards,
Yasri

On Thu, May 28, 2009 at 2:17 PM, Joshua Partogi <joshua.j...@gmail.com> wrote:

> Wow gw baru tau tuh graphic job trend-nya Java stagnan gitu dan graphic
> untuk Ruby is very spiky. Tapi memang gw lihat memang banyak perusahaan yang
> moving away from Java. Tapi mungkin trend di Indonesia beda yah. Ternyata
> job trend Java tidak sepopuler yang Thomas bilang.
>
> --
> Join Scrum8.com.
>
> http://scrum8.com/jpartogi/
> http://twitter.com/scrum8