From: Feris Thia <feris.mi...@phi-integration.com>
To: jug-indonesia@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, June 24, 2009 9:51:38 AM
Subject: Re: [JUG-Indonesia] pentaho vs jasper

Hi Bung Ifnu,

Waduh... kapan itu ya ? Diumumkan di milis ya... Iya nih, lama ga aktif karena
lagi sibuk benah-benahin kantor dan training center baru di Serpong :(

Duh... rugi  banget ya. Ada slide, dokumentasi yang bisa diambil ga ya ? :p

Atau... malah adain ulang ?? Pada setuju ga ??

Oya, ngomong2 tentang Hadoop.... karena saya sudah memiliki unit edukasi /
training otomatis akan ada tim riset. Lagi saya mau fokuskan ke 3 teknologi :
1. Data Mining / Machine Learning
2. Hadoop
3. Column Based Database

Mana tau Bung Ifnu dan teman2 berminat dan kita bisa jadi semacam komunitas
"pionir" neh disini.

O iya... 3 teknologi itu masih sangat terkait dengan data dan Java. Kenapa saya
mengajak kesana ? Indonesia mungkin bisa bersaing ketat di pembuatan
aplikasi.... tapi dengan aplikasi data yang membutuhkan sedikit "injeksi AI"
kita bisa mencuri start setidaknya di kawasan Asia Tenggara. Siapa juara2
olimpiade Matematika dan Fisika saat ini ? Indonesia pasti termasuk di
dalamnya. Siapa juara2 algoritma ? Indonesia termasuk di dalamnya.

Jadi.... kenapa tidak memanfaatkan aplikasi terapan di atas yang benar2
memanfaatkan potensi otak kita tersebut dan sangat berguna ? Analisis data
besar ??? Hm.... pemainnya bisa dihitung jari, bukan ?

Regards,

Feris