2009/6/25 Feris Thia <feris.mi...@phi-integration.com>:

> IMHO...
>
> "Apa-apa" yang dibutuhkan perusahaan dengan "segera" kembali dilihat dari
> definisi dan perspektif pengambil keputusan.
> - Biasanya data analisa dari proses data warehousing merupakan data H - 1 ,
> ini sangat cukup untuk para analis internal untuk melihat kinerja perusahaan
> yang sudah berjalan bertahun-tahun
> - Data operasional dibutuhkan biasanya untuk "troubleshoot" dan lebih live
>
> Dan proses data masif sepengetahuan saya pasti batch. Tinggal kompetisi dari
> beberapa perusahaan aja untuk bisa mendekati "Live".
Saya sendiri belum belajar data warehousing dan data mining. Apakah
ERP lebih ke arah "Live" atau keduanya? dua proses pengolahan data
simultan. data operasional untuk tau kondisi "live" perusahaan saat
ini sementara data untuk analisis dikumpulkan untuk di batch?

> Saya pernah baca di artikel atau buku Hadoop bahwa I/O dari pembacaan disk
> sudah kalah dibandingkan kecepatan bandwidth. Makanya Hadoop atau penerapan
> teknologi Map / Reduce akan bisa memecahkan hal tersebut. Makanya saya getol
> ingin menerapkan secepatnya :)
ini bandwidth network vs disk I/O atau bandwidth CPU vs I/O ya pak?

--
Muhammad Panji
http://sumodirjo.wordpress.com