Sebelumnya saya minta maaf kalau ada yang kurang berkenan.

IMHO

Saya akui ngurui komunitas nggak gampang. apalagi kalau sudah terbentur urusan pribadi terutama perut. Jangankan yang sebesar JUG-Indonesia. yang jauh lebih kecil aja (JUG-JogloSemar) setengah mati ngurusnya.

Tapi saya yakin di komunitas ini masih banyak darah-darah muda yang siap untuk jadi koordinator. dan kalau sudah ngomongin komunitas "berbayar" dalam bentuk apapun itu sepertinya kok kurang sreg.

Kalau yang masih ingat dulu pernah ada kesalah pahaman ketika acara seminar berbayar oleh JUG-JogloSemar diberi nama JaMU. Hampir semua inisiator JaMU menolak dan protes, akhirnya memang JUG-JogloSemar akui bahwa itu suatu kesalahan dan sampai sekarang JaMU di JUG-JogloSemar (akan) selalu free.

Akhirnya saya fikir bahwa JUG-Indonesia butuh darah-darah muda dan perlu segera melakukan regenerasi.