> Jadi saya mau buat multiple instance di satu server tomcat saja .. Ntar
> gunanya untuk misah2 in aplikasi pengembangan dan aplikasi yang digunakan
> untuk hal2 lainnya ..

Maksudnya gimana ya? yang dimaksud "instance" ini apa ya? kalau yang dimaksud
adalah aplikasi web (war) ya ga masalah, tinggal cemplungin war dengan beda
nama saya di dalam webapp-nya tomcat.

Kalau aplikasinya sama tapi diinstall di satu tomcat saya belum pernah coba.
Misalnya km bikin aplikasi1.war trus dicopy jadi aplikasi2.war kemudian di
deploy ke tomcat, tinggal di coba saja nanti juga tau jalan apa nggak.

Saya pikir tadi multiple instance tomcat ini km install 2 buah tomcat di server
yang sama. Kalau maunya begitu ya tinggal extract zip-nya ke dua buah tempat
yang berbeda kemudian setting portnya agar menggunakan port yang berbeda-beda.

Buka $CATALINA_HOME/conf/server.xml di sana setidaknya ada beberapa jenis port
untuk tomcat :

- port http => 8080
- port shutdown => 8005
- port ajp => 8009
- port https (secara default dimatikan) => 8443

Ganti semua port diatas agar 2 buah tomcat yang jalan dalam satu server gak
bentrok.
Sent from my www.pageflakes.com startpage

Kirim email ke