> Thanks for you reply Sir.. :)
> sorry i didn't open my email since 3 days ago..
> Ok, now i know that the Symmetric Algorithm is more powerful than Asymmetric
> Algorithm on the "Performance Side" (because it's fast).. :)

nggak hanya di sisi performance saja, tapi juga dari sisi besarnya
data yang bisa diencript rsa sangat terbatas. Menggunakan rsa key
dengan ukuran 1024 hanya bisa menekcrypt data dengan ukuran < 200byte.
Sun jce hanya bisa mengenerate rsa key sampai 2048, bouncycastle cuma
sampe 4096. Jadi kalau punya data dengan ukuran 1 kb udah susah banget
mengenkript menggunakan RSA.

> Mo tanya, apakah kita hanya menggunakan Symmetric Algorithm such as 3DES
> (TripleDES) or AES is enough?, yes of course DES isn't used anymore.. :)

3DES dan AES pilihan yang cukup aman. Biasanya saya selalu menggunakan
AES dengan alasan performance.

> How is it compared to Asymmetric Cryptography?..

nggak bisa dicompare sih. Software encryption bisa 100x lebih cepat
symetric vs asymetric, harware encription bisa sampe 100.000x lebih
cepet.

> As you know maybe the number of bits used in the RSA key is more than bits
> used in Symmetric Cryptography..
> Of course this makes the size of data encrypted is more than the plain data..

issue utamanya bukan di ukuran cipher text yang menggelembung, tapi di
sisi performance yang lambat dan maksimum ukuran data yang bisa
dienkript oleh asymetric key, secara teknikal melihat SunJCE dan
bouncycastle ya bukan secara teoritis.

> Sebenarnya saya memilih untuk mempertimbangkan menggunakan RSA karena RSA can
> support the key size up to 2048 bits, dengan jumlah ini data bisa disimpan
> tetap aman untuk waktu lebih dari 10 tahun, heheh,,, :)

Pikir-pikir lagi, berapa besar data yang akan diencrypt.

--

regards

Kirim email ke