> @benny_rio
> Nah, kalau itu mungkin pendapat saya begini..,
> seseorang itu harus belajar menganalisa dulu baru bisa jadi analis..
> Dari situ, pertanyaannya adalah bagaimana seseorang bisa belajar
> menganalisa? bukankah dia harus belajar tools juga untuk
> programming alias mulai meng-coding dengan tools itu dulu,
> baru kemudian belajar menganalisa? CMIIW..

Saya kurang sepaham dengan yg ini, hasil analisa terhadap user requirement
seharusnya agnostik terhadap implementasi,
meskipun ada permintaan spesifik dari user untuk menggunakan
platform/bahasa/framework tertentu, tetap saja output dari analisa harus tetap
independent terhadap implementasi.

In case ditengah2 proyek berjalan, ternyata platform/bahasa/framework yg
diminta/tidak oleh user tidak bisa dipakai dengan alasan tertentu (misalnya
hibernate gak gratis lagi, harus bayar!! hehehe)

pemilihan platform/bahasa/framework, seharusnya tugas seorang arsitektur atau
divisi riset, yg menentukan platform/bahasa/framework yg paling pas untuk
mengimplementasikan hasil analisa dari si analis

Kirim email ke