Assalamu 'alaikum wr. wb.

Jadi Bid'ah lagi ya...?
Ah.. dasar WAHABI... WAHABI....Yang penting beda....

Hal-hal furu' macam begini aja dipermasalahkan.
Padahal kalo ikutan sholat Jum'at di Masjidil Harom maupun Masjid
Nabawi, ketika khotib berdoa, seluruh jama'ah semuanya mengamini dan
mengangkat kedua tangannya, bahkan ada yang khusyu' sampai
diangkatnya tangannya tinggi-tinggi.

Kenapa yang dipermasalahkan hanya yang terjadi di Indonesia?
Mudah-mudahan mereka bukan hanya ingin memecah belah-belah ummat
islam di indonesia.

wassalam,

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Budi Ari
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>    Apakah Khatib Jum'at Mengangkat Kedua Tangan Ketika Berdoa dalam
Khutbah Jum'at ?

>   Dari Abu Hushain, dari `Umarah bin Ruaibah ra., ia berkata,
>
>   "(Bahwa) ia pernah melihat Bisyr bin Marwan di atas mimbar
(berdoa) sambil mengangkat kedua tangannya, lalu ia berkata (menegur
Bisyr bin Marwan), `Semoga Allah memburukan kedua tangan ini,
sesungguhnya aku pernah melihat Rasulullah ShallallaHu alaiHi wa
sallam (berdoa) tidak lebih beliau berbuat seperti ini'".
Kemudian `Umarah bin Ruaibah ra. berisyarat dengan jari telunjuknya.
(HR. Muslim 3/13, Kitab Jumu'ah, Bab Takhfifush shalat wal khutbah
dan lainnya)

>   Dari hadits yang mulia ini dapat diambil pelajaran bahwa salah
satu sunnah yang dilakukan oleh Khatib Jum'at adalah berdoa dengan
menggunakan isyarat jari telunjuk bukan dengan mengangkat kedua
tangan seperti yang sering dilihat oleh sebagian besar kaum muslimin
di Indonesia ketika sedang mendengarkan khutbah Jum'at.

>   Lalu bagaimana dengan makmum shalat Jum'at apakah mengangkat
tangan dan mengaminkan ?  Jawabannya adalah tidak ada dalil yang kuat
mengenai masalah tersebut kecuali dalil yang dha'if berikut ini,

>   Dari Zuhri, ia berkata, "Adalah Rasulullah ShallallaHu alaiHi wa
sallam apabila berkhotbah pada hari Jum'at, beliau berdoa dan
berisyarat dengan jarinya sedangkan para sahabat mengaminkannya" (HR.
Al Baihaqi dalam Kitab Sunanul Kubra 3/120)

>   Hadits ini dha'if karena Zuhri, orang yang meriwayatkan hadits
ini bukanlah seorang sahabat sehingga hadits ini terputus
(munqathi'), maka dari itu hadits ini tidak dapat dijadikan dalil
ataupun sandaran syar'i, kecuali ada sanad lain yang menguatkannya.

>   Dengan demikian jalan yang lebih hati - hati dan mengikuti sunnah
yaitu sebaiknya makmum shalat jum'at tidak mengangkat kedua tangan
ataupun mengaminkan doa ketika Khatib Jum'at sedang berdoa.  Wallahu
a'lam. (Silahkan bagi pembaca yang memiliki dalil yang shahih untuk
mengkoreksinya, terima kasih)

>   Tetapi dalam hal ini ada pengecualian yaitu ketika dalam khutbah
Jum'at, khatib Jum'at membaca doa istisqa' atau doa meminta hujan
maka disunnahkan bagi khatib untuk mengangkat kedua tangan dan para
jamaah Jum'at ikut mengangkat kedua tangan serta mengaminkan doa
khatib tersebut sebagaimana hadits berikut,

>   "Nabi ShallallaHu alaiHi wa sallam tidak mengangkat kedua
tangannya sedikit pun dari doa beliau kecuali pada doa meminta hujan,
sampai terlihat warna putih kedua ketiaknya"  (HR. Bukhari no. 1031
dan Muslim no. 895, dari Anas ra.)

>   Juga keterangan lain yang berkaitan dengan doa istisqa' dari Anas
ra., ia berkata,

>   "Â…Rasulullah ShallallaHu alaiHi wa sallam mengangkat tangan untuk
berdoa dan jamaah pun mengangkat tangan mereka beserta Nabi, mereka
berdoa Â…" (HR. Bukhari no. 1029, Kitab Istisqa')

>   Maraji' :
>
>    Al Masaa-il Jilid 2, Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat, Darus
Sunnah, Jakarta, Cetakan Ketiga, 1426 H/2005 M.
>    Al Masaa-il Jilid 4, Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat, Darul
Qalam, Jakarta, Cetakan Pertama, 1425 H/2004 M.
>    Petunjuk Nabi SAW dalam Khutbah Jum'at, Dr. Anis bin Ahmad bin
Thahir, Pustaka Imam Syafi'I, Bogor, Cetakan Pertama, Februari 2004 M.

>   Semoga Bermanfaat
>

>         MURNIKAN TAUHID, TEGAKAN SUNNAH
>
>   Dari Abu Dzar ra., Rasulullah SAW bersabda, "Jibril berkata
kepadaku, 'Barangsiapa diantara umatmu yang meninggal dunia dalam
keadaan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, maka pasti
dia masuk surga'" (HR. Bukhari) [Hadits ini terdapat pada Kitab
Shahih Bukhari]