Selama pengucapan niat tidak diyakini sebagai bagian dari rangkaian
ibadah, ya tidak ada yang melarang. Seperti yang kita ketahui hukum
awal dari segala hal yang bukan ibadah adalah boleh2 saja, selama
tidak ada dalil yang melarangnya. Sholat itu dimulai dengan takbir
dan diakhiri dengan salam. Jadi sebelum waktu takbir itu namanya kan
belum sholat, jadi anda mau baca Usholli atau mau baca apa saja ya
silakan saja selama itu dilakukan sebelum Takbirotul Ihrom.
Kasarnya, jangankan menyebutkan niat, anda mau tertawa atau berjoget
sebelum sholat atau sebelum melaksanakan ibadah lainnya juga tidak
ada yang melarang toh? :)

Saya memaklumi bahwa penyebutan niat oleh sebagian saudara kita itu
hanya untuk menolong agar hati ingat dalam mensahjakan ibadahnya.
Namun yang mesti diingat bahwa penyebutan niat itu tidaklah
disyariatkan. Jadi sholat tanpa baca usholli itu sah, bahkan
sesungguhnya demikianlah yang dicontohkan oleh Rasulullah dan para
sahabat. Bukankah Rasulullah contoh terbaik kita?

Yang mesti diwaspadai dari penyebutan niat secara kontinyu ini
adalah terjerumusnya kita kedalam bid'ah. Seperti yang disebutkan
oleh ulama bahwa dalam semua amalan, niat tempatnya dihati, bukan
dilidah. Oleh karena itu jika ada yang mengucapkan niat dengan lisan
ketika setiap hendak sholat, puasa, haji, wudhu, atau amalan yang
lain, maka dikhawatirkan dia telah melakukan kebid'ahan, yaitu
MENGAMALKAN sesuatu YANG TIDAK ADA asalnya dalam agama. Hal itu
didasari karena Nabi saw ketika berwudhu, shalat, bersedekah,
berpuasa, dan berhaji tidak pernah mengucapkan niat dengan lisan,
karena niat memang tempatnya di hati.

Mung sakitu wae ti sim kuring.. Hapunten bilih aya cariosan anu
kirang merenah, Wassalamu 'alaikum... :)

WnS

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, "kang nceps" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Apakah ada larangan untuk menyebutkan niat seperti itu ???
>
> wassalam
> KnC
>
> --- In keluarga-islam@yahoogroups.com, "Nashir Ahmad M."

<*> Your email settings: