Assalamu 'alaikum wr. wb.
Mas Dodi, terima kasih atas penukilannya.
Jadi jelaslah, dalam masalah ibadah maupun muamalah, apabila TIDAK ADA LARANGAN
SECARA TEGAS, dan tidak melanggar syariah secara dasar. Maka Imam Syafi'i
mengatakan "maka disitulah RUANG KEBEBASAN BAGI KITA SELAKU MUSLIM UNTUK
BERPENDAPAT."
Artinya kita diperbolehkan melakukan apapun itu (ibadah dan muamalah) yang
tidak ada larangan dan tidak melanggar syariah secara dasar.

Saya berpendapat mengikuti imam-imam syafi'iyah terdahulu, bahwa :
Maulid itu Baik asal tidak dicampur-adukkan antara yang hak dengan yang bathil,
dan boleh dilakukan kapan saja.
Tahlil dan Tahmid itu baik dan boleh dilakukan dalam acara apapun termasuk
acara kenduri 3,7,40, 100 dll.
Dzikir dan membaca Alqur'an secara berjamaah itu baik, termasuk mengaminkan
do'a-do'a imam selesai sholat.
Ziarah kubur dan membaca yasin di depan kubur itu baik, mau dilakukan setiap
jum'at kek, siang atau malam kek, sebelum ramadhan kek, atau ketika mau idhul
fitri dan kapan saja.

dan lain-lain dan lain-lain.

Lalu apa lagi yang harus dipermasalahkan, toh TIDAK ADA LARANGAN SECARA TEGAS
tentang ibadah-ibadah ini, ini maknanya Mubah.

Hal ini hendaknya menjadi suatu "warning" bagi mereka yang mengharamkan Maulid,
Tahlil, Ziarah Kubur, Dzikir berjamaah, dll, jangan semena-mena mengatakan hal
itu haram padahal itu halal dan mubah, dan bahwa kami juga hanya mengikuti
pendapat imam-imam yang kami ikuti pendapatnya.
Sepertimana anda juga mengikuti pendapat imam-imam yang anda ikuti.
Untuk itu dibutuhkan rasa saling menghargai satu dengan lainnya, harus diakui
bahwa kerje-kerje macam ni memperlihatkan pelangi didalam islam.

Jika semua menyadari persoalan ini, Insya Allah ummat islam dimanapun, kapanpun
dan dalam kondisi apapun tidak akan terpecah-belah dalam beberapa kelompok.
Kita ini hanyalah makmum, ya kita ikuti saja mana pendapat imam yang sesuai
dengan kecocokan kita, sekali lagi : asalkan tidak ada LARANGAN dan tidak
melanggar syariah secara dasar.
Kalau kita tidak cocok lagi dengan imam kita, ya kita carilah imam lain, tapi
jangan semena-mena membatalkan sholat jama'ah lain yang berbeda dengan kita.
Karena yang berhak menentukan diterima atau ditolaknya amal-ibadah hanya Allah
subhanahu wata'ala semata.

wassalam,
arland-jkt.