Pada dasarnya seluruh hidup kita adalah ibadah, karena memang Allah
menciptakan jin dan manusia tidak lain dan tidak bukan hanyalah
untuk beribadah kepadaNya. Setiap amalan (aktifitas) yang kita
lakukan sehari-hari insya Allah akan bernilai ibadah jika memang
kita niatkan karena Allah.

Bentuk amalan terbagi dua, yaitu amalan ibadah dan amalan muamalah.
Amalan Ibadah adalah amalan yang bersifat formal yang tatacara dan
petunjuk teknisnya harus mengacu kepada apa yang diatur dan
dicontohkan oleh Rasulullah. Amalan ini biasanya berbentuk ritual.
Dan sebagaimana kaidahnya bahwa semua ibadah adalah dilarang kecuali
ada perintahnya, maka seorang muslim tidak boleh menciptakan amalan
ibadah jenis baru, kecuali apa yang telah ditentukan oleh Allah dan
RasulNya.

Sedangkan pada amalan muammalah (keduniaan) tidak berlaku demikian,
sebagaimana hukum asalnya maka muammalah boleh dilakukan sebebas
mungkin yang penting dalam pelaksanaanya tidak bertentangan dengan
syariat (prinsip halal/haram).

Salam :)
WnS

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, "ahmad faqih" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Benar ...  setiap saat adalah ibadah.
> Maksud saya, mana yang masuk kategori ibadah, sehingga terkena
kaidah
> tersebut?  (Bahwa semua ibadah adalah dilarang, kecuali ada
perintahnya).

> salam,
> Alif

Ketika