Mas Agung dan Mas Yusa, membaca diskusi ini, menurut saya, sampeyan
berdua itu low profile yang ditampilkan dengan cara yang high
profile...
Kalau kang arland (dan kang He-man; where is he?) ngangeni.  Jarang
muncul tapi sekalinya oke (setidaknya buat saya yang awam tapi sensi)

Wassalam
Imbuh

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, "Yusa" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> ^_^
>
> Maksud saya copy paste itu bukan menafsirkan, mas Agung
Alpacitan...tapi sekedar copy paste tanpa tahu ilmu bahasa arab,
nahwu, shorof, sejarah di baliknya dsb dsb. Itu aja kok...

> Spt kata panjenengan tadi bahwa KAMI untuk Allah Swt dalam
Alqur'an ada maksudnya sendiri, nah yg spt ini kan harus tahu ilmu
bahasa arab dsb tho, mas Agung Alpacitan, kalau ndak tahu ilmunya
kan ndak bakal paham kalau maksud KAMI tadi adalah spt yang mas
jelaskan tadi.

> Gitu mas, saya ndak berani ngomong kalau tanpa ilmu spt itu.
Begitu lho...

> Eh, gus Dur lagi...hehehe...ada apa dg gus Dur ya?

Menghindar

>   Saya InsyaALLAH sampek akhir hayat,  saya PASTI hanya akan
berani COPY PASTE tentang hukum2 Islam ...tapi copy paste dari orang-
orang yg menurut jumhur Ulama adalah orang-orang ter PERCAYA dalam
menafsirkan ALQUR'AN seperti Ibnu Katsyir dll...saya TIDAK AKAN
PERNAH BERANI menafsirkan sendiri ALQUR'AN karena saya YAKIN, hingga
akhir hayat saya ilmu saya TIDAK AKAN SAMPEK untuk mampu menafsirkan
ALQUR'AN spt Ibnu Katsir dll...kalo hanya NGAWUR spt Gus Dur dan
manusia semacamnya saat ini-pun saya bisa..tapi JELAS saya TIDAK
akan MAU karena itu DOSA BESAR....

-----------
[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Yusa
> [...]
Menghindar

>   ^_^
>
>   Saya minta ma'af juga ya, mas...saya sangat menerima saran
panjenengan tapi tidak sekarang saya bisa mewujudkannya, besok kalau
saya punya ilmu tentang Alqur'an dan hadits maka tentu saya insya
Allah akan menyertakannya di dalam tulisan saya.

>   Ada banyak terjemahan memang tapi saya tidak mau sekedar copy
paste tanpa paham arti atau makna per kata dari dalil-dalil tsb
tanpa paham ilmunya.

>   Nanti mas setelah saya paham dan tahu ilmunya insya Allah saya
sertakan. Kalau sekarang, saya belum mampu, mas...

>   Apakah mas mema'fkan saya? Terima kasih banyak.
>
>   Btw, kang Ncep kok lama ndak kelihatan ya, mas? Kemana beliau?
>
>   Salam, Yusa
>   http://majlismajlas.blogspot.com

nanti PASTI di akhirat akan di pertanggung jawabkan sendiri-sendiri
kok.....

> [...]
[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Yusa

>     ^_^
>
>     Saran panjenengan tidak salah hanya saja terkesan memaksa,
terkesan tidak mau memahami orang lain.

>     Orang itu ada yang berilmu dan ada yang belum berilmu. Kalau
dikatakan tiap kita lebih baik menyampaikan yang kita tahu maka
tentu akan disampaikan sesuai kadar kita tho, mas?!

>     Dan, inilah kadar saya yang bisa jadi akan bertambah di lain
waktu. Untuk saat ini baru ini ilmu saya. Saya tidak tahu kadar
saya, orang lain yang biasanya bisa "melihat tengkuk orang
lain", "saya tidak bisa melihat tengkuk saya sendiri".

>     Kalau panjenengan melihat dan sudah menyimpulkan bahwa kadar
saya segitu maka itulah kadar saya menurut panjenengan. Saya tidak
akan menyangkal bahwa saya orang berilmu, saya adalah orang yang
belum berilmu.

>     Saya ma'afkan, Yusa
>     http://majlismajlas.blogspot.com

ngga punya otoritas untuk MELARANG Sampeyan Posting kok...yg aku
sampekan tadi hanyalah pendapatku sebagi Umat Islam yg berdasar
ALQUR'AN & AL HADIST jika akan menyampaikan Ilmu tentang Islam...itu
saja...apa masukan saya itu salah..yha kalo masukan saya itu tadi
tidak berkenan yha saya Mohon Ma'af, tetapi saya TIDAK merasa SALAH
dng apa yg saya sampekan pd Sampeyan tadi....

>       OK di Lanjut Mas....

-------

mem-posting tulisan yang tidak ada ayat Alqur'an dan hadits. Apa itu
mau panjengan terhadap saya?

>       Kalau begitu maksud panjenengan maka saya tidak akan
memposting lagi!

JUSTRU hanya akan membuat orang semakin RAGU ( aku
Kususnya ) ...sebab TIDAK di sertai DALIL nya...

>         Kan ANEH,..Sampeyan BERANI Posting tentang islam tetapi
malah TAKUT DALIL nya,,,,ANEH kalo bagi saya...ini sekedar masukan
Lho...

-----

ayat Alqur'an dan hadits, bukan! Saya hanya belum punya ilmu untuk
menyampaikannya.

>         Begini contohnya, di dalam kitab tsb dijelaskan bahwa
Rasulullah Muhammad Saw bersabda bahwa orang yang mengatakan agar
masyarakat berbuat kebaikan tapi dia sendiri malah berbuat keburukan
itu lebih dikhawatirkan (oleh Rasulullah Muhammad Saw) lebih buruk
pengaruhnya jika dibandingkan dengan akibat yang ditimbulkan oleh
Dajjal, Dajjal hanya menyesatkan sementara orang yang seperti itu
lebih buruk dari Dajjal.

>         Di kitab saya itu ndak dijelaskan hadits riwayat siapa
dsb, lalu ketika ini saya sampaikan dan ada yang bertanya "Hadits
itu kuat atau ndak, siapa perawinya" maka saya tidak bisa menjawab.
Kenapa? Sebab ilmu saya belum spt panjenengan semua, saya barulah
sampai pada usaha memahami yang dijelaskan yang sebelumnya saya
tafakur-i. Saya meyakini bahwa Imam Ghozali adalah ahli ilmu dan
mengamalkan ilmunya, apa yang beliau sampaikan tentu ada dalilnya
dan beliau saya yakin melakukan yang beliau katakan. Lha saya? Saya
sadar siapa saya, saya tidak berani menyampaikan yang saya tidak
tahu ilmu.

>         Menurut mas, kenapa Rasulullah Muhammad Saw bersabda
demikian? Dajjal itu menyesatkan yang seperti apa kok Rasulullah
Muhammad Saw anggap masih ada yang lebih buruk lagi pengaruhnya,
yaitu orang yang tidak melakukan ilmunya, orang yang mengatakan
kebaikan tapi dia malah melakukan keburukan? Kalau mas punya dalil
silahkan disertakan, saya terima.

>         Trm ksh.
>
>         Salam, Yusa
>         http://majlismajlas.blogspot.com

MUTASYABI'AT...ayat-ayat yg bersifat MUHAKAMAT itu adalah ayat-ayat
yg JELAS, siapapun orangnya yg baca mereka akan langsung tahu
maksudnya...tetapi ayat-ayat yg mutasyabi'at memang ini membutuhkan
ilmu yg lebih, tetapi ALLAH berfirman bahwa orang yg cenderung pada
ayat-ayat yg bersifat MUTASYABI'AT itu adalah tergolong orang yg
sesat....

>           Ini dalil-nya...
>

>           (ALI Imron :7) Dia-lah yang menurunkan Al Kitab (Al
Qur`an) kepada kamu. Di antara (isi) nya ada ayat-ayat yang
muhkamaat , itulah pokok-pokok isi Al qur`an dan yang lain (ayat-
ayat) mu-tasyaabihaat . Adapun orang-orang yang dalam hatinya
condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat
yang mutasyaabihaat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk
mencari-cari ta`wilnya, padahal tidak ada yang mengetahui ta`wilnya
melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata:
`Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu
dari sisi Tuhan kami.` Dan tidak dapat mengambil pelajaran
(daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal.

---

pahami dari kitab Bidayatil Hidayah karya Sayidina al-imam Ghozali.
Di situ ada penjelasan ayat Alqur'an dan hadits-nya tapi saya takut
kalau menyertakannya maka tentu saya tidak bisa jawab kalau ada yang
tanya tentang ayat Alqur'an dan hadits tsb sebab saya belum punya
pengetahuan (nahwu shorof, bahasa arab, sejarah di balik ayat dan
hadits dsb) tentang Alqur'an dan hadits.

>           Jadi sementara ini yang bisa saya persembahkan, saya
terima saran antum, besok kalau saya punya ilmu lebih tentang
Alqur'an dan hadits tentu akan saya sertakan. Trm ksh atas
perhatiannya.

>           Salam, Yusa
>           http://majlismajlas.blogspot.com

artikel Antum itu di sertakan juga DASAR nya baik dlm ALQUR'AN & AL
HADIST...jadi ngga terkesan HANYA PENDAPAT PRIBADI ...

>             ini hanya sekedar masukan saja yg mungkin bisa di
terima...

>             Salam JIHAD
>             Agung AL-Pacitan

Kirim email ke