Yang amat dibutuhkan komunitas internet sekolah saat ini menurut saya adalah
bandwidth yang memadai khusus untuk kalangan sekolah. Bandwidth itu tidak
harus gratis (karena gratis itu tidak selalu baik)namun tersedia di semua
pelosok dan sekolah dapat menggunakannya dengan biaya yang murah karena
disubsidi.

Saya membayangkan di tiap atap kantor diknas di kabupaten/kodya bertengger
sebuah parabola untuk "mendaratkan" bandwidth, dan kemudian dari situ akses
internet disebarkan ke seluruh penjuru sekolah dengan menggunakan wavelan.
Ini tentu kondisi ideal yang mungkin bisa dianggap mimpi, namun bisa juga
dianggap sebuah cita-cita, yang tampaknya tidak terlalu sulit bila
pemerintah mempunyai kemauan.

Untuk meningkatkan awareness terhadap internet di kalangan kepsek, maka
semua kepala kantor diknas (yang belum "melek internet") terlebih dahulu
harus di-training internet, minimal bisa menggunakan email. Setelah itu
giliran para kepsek yang dijadikan sasaran. LAporan dari kepsek ke kantor
dinas harus menggunakan email, dan para kepsek membuat sebuah millist
(servernya boleh di Sekolah2000 :-) ...) yang menjadi hidup karena kepala
kantor juga aktif di situ. Bila kepala kantor diknas dan kepsek sudah aktif
berinternet, maka guru giliran selanjutnya.

Segini dulu deh ..... ;-)
salam,
hmi - http://hmi.annida.net