-----Original Message-----
From: "M. Jarwanto" <[EMAIL PROTECTED]>
To: "onno" <[EMAIL PROTECTED]>, [EMAIL PROTECTED],
[EMAIL PROTECTED]
Date: Thu, 14 Nov 2002 21:59:04 +0700
Subject: [dikmenjur] Re: iseng - bikin global classmates ..

>mungkin yang ringan-ringan dulu sekitar masalah internet, jaringan
>sebagai dasar adik-adik sehingga waktu berjalan kalau ada problem
>sudah bisa mengatasi sendiri

OK Pak Jar ..

>mungkin item pertama dapat diterima, tetapi tetep melangkah ke item
>kedua,

OK setuju ...

>sedang pengembangan tugas kelas nanti bisa dikembangkan dari rekan dan
>adik-adik yang gabung di global classmates.

OK ..

>untuk evaluasi bagaimana nich modelnya, saya usul seperti model
>EBTANAS tetapi dalam bentuk online dengan catatan sewaktu ujian ada
>instruktur yang mengawasi dan dipusatkan di satu lokasi dalam satu
>kabupaten / kodya, hal ini menurut saya urgen karena kalau nggak ada
>tujuan jangan-jangan jadi seperti pola chatting saja.

wah duh jangan dikasi ujian lagi :) ..
kasian tu anak-anaknya ...
lha wong ide-nya tadinya having fun koq ..

yang kepikiran di kepala saya malahan
gimana kalau anak-anak diminta cerita dikit lah
pengalaman mereka kenalan dengan rekan-rekannya
diluar negeri misalnya dalam bentuk tulisan setengah atau max 1 halaman
aja gitu ..

BTW, supaya terarah diskusinya
ada baiknya guru di Indonesia & guru di luarnya
bisa saling interaksi dulu??
supaya bisa sama-sama enaknya?
(itu pola yang ada dikepala saya lho)
kalau guru-gurunya dah saling ngerti
baru gurunya meminta anak-anaknya saling kenalan ..
lebih enak sebenernya kalau ada objektif yang barengan-nya
misalnya "mencari kesamaan resep masakan di malaysia & indonesia"
atau sebangsa itu lah :) .. yang santai & yang lucu aja ..
engga usah terlalu serius lah ..