Dan saya kira dengan globalisasi teknologi jaringan komputer, semua bank
saat ini model jaringannya sama saja. Analoginya jika di rumah Anda
menggunakan modem untuk mendial ISP, di ISP ada remote access server,
router, hub, leased line ke gateway, dsb, di AS juga demikian.

sekali lagi anda benar, emang secara analoginya memang demikian, kalau
boleh saya perjelas lagi untuk segi komunikasi yang lazim digunakan oleh
bank adalah dari perangkat komunikasi yang ada di cabang (Vsat Link / Frame
Relay) dihubungkan dengan perangkat komunikasi kantor pusat (bagian
pengolahan data) untuk kemudian diteruskan ke mainframe AS/400, nah tinggal
lagi aplikasi yang dijalankan di AS/400, apakah aplikasinya sudah bisa
langsung mengakses antar rekening atau harus dijalankan secara step by step
(pada tingkatan inilah yang sering disebut-sebut semi online dan full
online system). Jadi Online atau tidaknya suatu bank tergantung dari
aplikasi yang dijalankan di AS/400 dengan mesin-mesin pendukung lainnya
seperti Stratus/ON2 (untuk transaksi ATM).

Regards..

Dave