--- My Populis <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Mas saya yakin kalau Lopa tetap di pertahankan,
> karena banyak juga
> fungsionaris ditambah desakan arus bawah PDIP sudah
> banyak yang muak sama
> orang-orang semacam panigoro tersebut, masih banyak
> orang PDIP yang baik di
> DPR. Saya yakin MEGA akan tetap mempertahankan LOPA
> apalagi sewaktu terjadi
> kasus 27 Juli lopa berjasa besar terhadap Mega
> ketika ia menjabat anggota
> KOMNAS HAM.

> di del....

Bingung ? Ya, jelas, kang.....
Tatanan islam tradisional dengan nasionalis (marhaen)
telah dengan suksesnya teracak-acak. Padahal, simbiose
dua komponen itulah yang selama ini mengawal negeri
ini, dengan 'kecelakaan' berbentuk duaet GD dan Mega.

Secara fisik, memang terlihat mewakili. Namun
grombolan panugogrok yang mendominasi PDI-P, membuat
setelan tadi bubrah. Soliditas di akar rumput, yang
menjadi sumber kekuatan di kala pemilu berantakan. Aku
tidak melihat Mega tak salah saat ini. Permainan yang
ia lakukan sangat riskan. Ketidakpercayaan rakyat di
aras bawah, tak cuma sudah muncul, tapi kian
mengental. Ini sangat bahaya. Sepintar apa pun sopir,
untuk membuat tikungan yang amat tajam, pasti cukup
sulit.

Apa Mega mau main dua jalur?

Tak cukup tenaga dan waktu. Dua kekuatan ini akan
saling menikam, dan mematikan. Sementara sandaran
Mega, GD yang liat dan kenyal, sudah lepas. Padahal
ancaman di DPR dan MPR masih menganga, dengan taring
yang tajam dan buas.

SI MPR, kalau jadi, benar-benar bola liar. Pantulannya
sulit diprediksi. Konstitusional atau tidak, cuma
dekrit yang bisa menghentikannya (dan TNI yang loyal).
DPR tak bisa memecat presiden, dan presiden yang tidak
bisa membubarkan DPR, cuma ilusi. Prosentase di atas
50 persen (karena DPR merangkap MPR) cuma sekedar
dongeng sebelum bobo. Di dunia nyata, DPR benar-benar
superbody yang bisa apa saja.

Nah, mau apa kita?