Teknologi liquid-cooling pd mesin kecil memang berkembang terus.

Teknik lawas meniru sistem mobil, radiator terletak terpisah di depan dg
selang2 yg relatif panjang, pompa digerakkan bareng crankshaft utama,
kipas pendingin radiator dg sistem thermostat.

Teknik baru; radiator digabung satu poros dg crankshaft agar kipas
pendinginannya tdk perlu thermostat & sesuai putaran mesin, jg tanpa
selang2 panjang yg tentu saja ada usia kegetasannya. Mesin jd ringkas,
disain skuter jg tdk mengharuskan ada airflow ke radiator sistem lawas.

Performa suatu mesin biasanya dihitung secara teori, dg efisiensi thermal
& efisiensi volumetris.
Efisiensi thermal tgt keefektifan pendinginan mesin. Efisiensi volumetris
tgt nisbah volume udara-bbm yg disedot masuk silinder dibanding volume
buang .... makanya ada yg pakai 4valve utk ngejar ini.
Selain itu msh ada faktor disain geometri (bentuk) masing2 ruang bakar dll.

Pengujian tenaga/torsi nanti ada pakai prony-brake dll ...

Mana yg lbh unggul ya tgt angka2 hasil pengujian.
Dari pengujian akan dpt diketahui jg performa air-cooling vs
liquid-cooling, 2valve vs 4valve, dll.
Kalau pakai perasaan dll yg nggak selesai2 debatnya.

Kalau perbandingan performa mesin Piaggio ada di
http://www.engines.piaggio.com/_vti_g2_pr0.asp?
tp kalau merk2 lain sy blm nemu. Mngkn ada tp pakai huruf
Japan/Taiwan/Thailand...

Wsswrwb.

Pada Wed, 08 Sep 2010 19:50:55 +0700, Aris Setiawan <aris_...@yahoo.com>

--