kW = kilo Watt satuan tenaga/power seperti horse power, bukan torsi.
1 kW = 1,36 hp.
Sumber:
http://www.convert-me.com/en/convert/power
http://www.convert-me.com/en/convert/torque
Torsi dan tenaga => adalah suatu yg alamiah selalu bersamaan, saling mendukung,
tdk mungkin ada power tidak ada torsinya, pasti ada meskipun sedikit. Contoh
karakter power torsi sedikit, pada mesin kecil jadul DHW Humel 2 stroke smoke
(maaf bagi fans nya) saat distart digas-gas terdengar sangar, begitu gigi
dimasukkan langsung mesin turun drastis putarannya bahkan mesin mati. Supaya
torsi mencukupi kopling dilepas pada putaran tinggi, baru bisa jalan.

Karakter torsi yg melimpa, tapi tenaga kurang, biasanya terjadi pada mesin
diesel, saat mesin idle aja, masukkan gigi 1 bahkan gigi 2, lepas kopling,
langsung ngeloyor, mesin tidak mati.
Mesin diesel 1 silinder sering dipakai traktor Pak Tani, itu contoh mesin
torquey, untuk akselerasi drag race tentu memble horse powernya.

Tentu proporsinya sangat tergantung dari desain mesin.

Menurut saya:

Tenaga/power satuannya hp, bhp, pk, tk, kW bertanggung jawab atas bagusnya
akselerasi.

Torsi/torque/momen puntir satuannya nm, kilogram froce meter adalah bertanggung
jawab mempertahankan kecepatan saat beban bertambah, gampangannya saat
menanjak, tanpa ganti gigi. Tentu kalau sudah pakai CVT otomatis akan lebih
torquey sepanjang jalan nanjak atau lurus tak perlu dipikirin ganti gigi,
hampir bisa dikata full of torque all the way B-)

Salam,

Riza

--- In KYMCO-INDONESIA@yahoogroups.com, "Aris Setiawan" <aris_...@...> wrote:

> Kalo ngga salah itu namanya torsi yah Mas?
> Jadi mesin itu ngeluarin yg namanya power dan torsi.
>
> Kalo power biasanya itungannya HP/PS
> Kalo torsi (Torque) biasanya Kgm/Nm/kW
>
> Jadi mesin itu mu milih kemana... Kalo cenderung ke power maka torsinya
> kemungkinan bakal kecil gitu juga sebaliknya.
>
> Kecenderungan mesin yg powernya gede biasanya baru galak di putaran tinggi
> (jadi butuh extra pendingin kaya LC)
>
> Kalo maen ke torsi maka rpm rendah tenaga udah ngisi.
>
> Dan utk stop n go jelas torsi lebih menguntungkan.
>
> Contoh utk data sheet yg piaggio Air Cooled di rpm 5000 torsinya udah 8kW, tp
> [...]

Kirim email ke