On Tue, Dec 25, 2001 at 01:21:10PM +0700, Paul Darius wrote:
> apakah bisa dibuat quota A 5 MB, B 10 MB, dan C 5 MB ?

kernel quota support, untuk software quota, kurang tahu bisa sampai
seberapa robust (courier+maildrop, vpopmail).

> A bisa check dan reply email dari node mana saja (dari belahan dunia mana
> saja)
> B hanya bisa chek email dari node yang telah ditentukan (berdasarkan subnet)

ini skenario paling simple, jadi tentu saja bisa.

> ya nggak bisa dong... bagaimana dengan ISP ?

anda mau buat ISP? :-) pertanyaan akan dijawab spesifik, dan tentu
saja itu cuman alternatif saja.

> bisa bisa nggak dipercaya usernya kalau admin mengganti password user.

nggak ada hubungannya, pertama, admin bisa mengganti dan
mengembalikan password user tanpa harus tahu apa passwordnya, kedua,
untuk melanggar privacy user, admin tidak perlu tahu password ;-)

> pemblokiran email sementara bisa saja dilakukan dengan alasan tertentu;
> misalnya masalah administrasi, dll dsb.

ok. saya jawab bisa. kebetulan ada rekan lain yang kasih hint
vqadmin, bisa dievaluasi.

> bukan... misalnya alamat atau lebih tepatnya mailbox [EMAIL PROTECTED] juga
> melayani alamat email [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED] pada mailbox yang sama.
> Program pada client yang akan memisahkan antara saya, kamu dan kami (seperti
> winroute)

hmm.. domain-i-a-box? bisa.

> konfigurasinya dimana ?
> kok nggak tampak ?

vanilla qmail punya 'infrastruktur' untuk membangun
virtualdomain/virtualuser. program-program spt vpopmail, vmailmgr
dll, sifatnya memanfaatkan infrastruktur yang sudah ini. anda
tentunya bisa menemukannya kalau sudah mengikuti hints dari rekan-2
lain.

qmail hanyalah MTA, atau lebih tepatnya SMTP (internet) MTA, jangan
dibandingkan dengan mailserver macam Netscape/MS Exchange dlsb.
user management dlsb tidak ada pada qmail, kecuali mungkin bisa
ditemukan di program-program add-ons untuk qmail (vpopmail, vmailmgr,
dlsb kalau ada.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja