..cut..

> anda mau buat ISP? :-) pertanyaan akan dijawab spesifik, dan tentu
> saja itu cuman alternatif saja.
Memang ISP kok :)
kan lagi mendukung gerakan sadar HAKI, jadi seluruh server pada ganti dari M$
ke *nix.

> nggak ada hubungannya, pertama, admin bisa mengganti dan
> mengembalikan password user tanpa harus tahu apa passwordnya,
kalo mengganti password user memang bisa... tapi kalo mengembalikannya lagi
gimana caranya ?

> kedua,
> untuk melanggar privacy user, admin tidak perlu tahu password ;-)
kalo di M$ tergantung rights setting. Hal ini tidak berlaku pada kami karenr
ightsnya di set hanya u/ MTA saja. Jadi gimanapun caranya administratorpun
nggak bisa masuk.

> ok. saya jawab bisa. kebetulan ada rekan lain yang kasih hint
> vqadmin, bisa dievaluasi.
Thx.

> hmm.. domain-i-a-box? bisa.
Good :)

it must be ;)
tapi nggak tahu caranya.

> vanilla qmail punya 'infrastruktur' untuk membangun
> virtualdomain/virtualuser. program-program spt vpopmail, vmailmgr
> dll, sifatnya memanfaatkan infrastruktur yang sudah ini. anda
> tentunya bisa menemukannya kalau sudah mengikuti hints dari rekan-2
> lain.
>
> qmail hanyalah MTA, atau lebih tepatnya SMTP (internet) MTA, jangan
> dibandingkan dengan mailserver macam Netscape/MS Exchange dlsb.
> user management dlsb tidak ada pada qmail, kecuali mungkin bisa
> ditemukan di program-program add-ons untuk qmail (vpopmail, vmailmgr,
> [...]
Ok. thanks a lot.
Karena bayangan yang ada dipikiran saya adalah qmail ini langsung bisa
mengantikan Netscape Mail atau Post.Office Intermail dll dsb.

Ternyata keliru. Mungkin para pemula Linuxpun banyak yang berpikiran sama
dengan saya.

Salam,

Paul