[Cuplikan dari email yg lebih awal]

Saya rasa KPLI juga competent enough untuk mencetak tenaga
Linux Profi tanpa segala bentuk badan hukum. Sertifikat is ok
ala sertifikat lembaga kursus laennya, orang tentu juga akan
mengetahui bobot dari <<Kursus yg bakal ditawarkan KPLI tsb>>
tanpa harus KPLI/YLI diikat hidungnya oleh pengawasan BPPT,
DepDikNas .. Kerja sama ok, tapi bebas dan aktiv..

Rasanya lebih fair kalo kursus tsb nantinya bersaing dg kursus
yg telah ada lewat competency / bobotnya dari pada legitimasi
lewat pengawasan oleh badan 2x tsb. Gue kaga ada relation to
any lembaga kursus..

Terutama yg akan saya tekankan disini adl INDEPENDENCY dari
KPLI/YLI yg telah ada. Saya lihat itu justru terbalik meminta
pengawasan dr lembaga 2x tsb. Maaf pendapat pribadi saya
lembaga pemerintahan biasanya profesional, maaf tapi ngga amat
professional sekali, tapi yg jelas pasti lebih birokratis.
Saya rasa tdk semua anggota di lembaga pemerintah (tdk hanya
diindonesia saja) terdiri dari IT-professional seperti kita
2x yg sering scanning mailing-list/forum every day. Ampun mas,
mungkin ini cuma pendapat pribadi ??

Saya justru berharap lembaga tsb yg akan refers to standard yg
ada dari KPLI/YLI kalo terbukti competency.
Kalo mereka (lembaga 2x tsb) cukup prihatin dg perkembangan
linux, mereka justru saya harapkan memberi lebih banyak fasilitas
kepada KPLI/YLI misalnya dlm bentuk dana untuk tujuan 2x tsb
diatas ato misalnya fasilitas gedung, linux center, internet
access tanpa ketergantungan.

  Ngapaiin tawarin hidung KPLI/YLI untuk diikat dg tali ??
      (Sense of kekurangpercayaan diri KPLI/YLI ?)

Sebenarnya saya justru lebih mengharapkan lebih banyak periodish
pertemuan ala seminar, dimana anggota 2x KPLI/YLI mengadakan
presentasi thd thema 2x ttn misalnya install distro ttn dilaptop,
2 NICs concept, Apache, DNS seting, what ever useful themas etcs,
ala dari anggota buat anggota (free) & umum (pay?) drpd standardisasi
sertifikasi. Maaf kalo emang itu udah berlangsung selama ini,
mungkin saya yg kurang cermat baca, harap links ke themasnya
kalo gitu..

Salam
Om Linux