On Fri, May 17, 2002 at 11:43:54AM +0700, Adrian Soetanto wrote:
> Saya juga mau tanya gimana caranya supaya kita tetap bisa pakai ftp dalam
> keadaan ter-chroot, apakah ftp server juga harus dijalankan di chroot dir?

maaf, yang ini kelewatan. yang di atas ini bisa seluruh service
ftp dilakukan di chroot directory, berikut user-user yang ftp.
jadi, semacam membuat dua (well, bisa lebih dari dua :-) sistem,
yang salah satunya dijalankan didalam chroot jail.

alternative lain, chroot() call dilakukan oleh ftpd. jadi sebenarnya
ftpd tidak run chrooted, tapi begitu ada client, langsung client
tsb. dichroot.

ada juga mirip alternatif ke dua, sebenarnya tidak benar-benar
melakukan chroot() tapi cuman tidak mau mengeksekusi perintah
cdup sampai keluar homedir :-)

ke tiga alternatif di atas, saya tulis urut berdasarkan derajat/level
security, mulai dari yang paling secure ke yang tidak secure.
well, ini versi saya, jangan dipercaya :-))) note: penilaian
security _hanya_ saya lihat dari bagaimana melakukan chroot
saja, tidak memperhitungkan tingkat security program dan sistem.
dengan kata lain, peringkat security yang diatas itu belum
apa-apa. banyak pakar yang bilang kalau chrooted service bukan
atau tidak menentukan tingkat security anyway.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja