On Mon, May 20, 2002 at 07:06:04PM +0700, Adrian Soetanto wrote:
> hosts:      files nisplus dns

lebih baik, 'nisplus' dihapus untuk simplicity. kecuali anda mau
mengcopy juga library yang diperlukan untuk NIS ke chroot jail.
(memang perlu NIS). ini juga berlaku untuk yang dibawah ini.

> [...]
> netmasks:   files
> networks:   files
> protocols:  files nisplus
> rpc:        files
> services:   files nisplus
> netgroup:   files nisplus
> publickey:  nisplus
> automount:  files nisplus
> aliases:    files nisplus
> ------------------------------
> Apakah benar jika menggunakan entry "db" berarti menggunakan nss_db ?
> Jika benar, nsswitch.conf saya tdk ada yg me-refer ke nss_db khan, tapi
> kok tetap aja telnet client tdk bisa resolv domain name ?

kemungkinan macet karena anda memasukkan nisplus, kecuali anda menggunakan
'reaction on lookup result' [NOTFOUND=return]. tetapi kalau tidak perlu
NIS ya dilibas saja. hmm.. ya, karena anda tidak pakai option 'db',
mestinya tidak perlu mengcopy library nss_db ke chroot jail.

> Jika salah, utk meng-edit nsswitch.conf supaya tidak me-refer nss_db,
> bagian mana yg perlu diubah entry-nya ?

yang ini tidak perlu. kebetulan saya terbiasa pakai nss_db, mimpinya
kan menghandle jutaan user <*just kidding*>, jadi waktu 'main-main'
kemarin gagal lantaran saya asal saja meng-copy nsswitch.conf ke
chroot jail. jadi kepikiran, siapa tahu anda punya kebiasaan yang
sama dengan saya he..he..

> Lalu saya coba cari library apa saja yg dibutuhkan telnet :
> [root@topimerah chroot]# rpm -qR telnet

hmm.. coba pastikan tidak ada yang tertinggal dengan, periksa
dengan 'ldd':

% ldd /path/to/telnet

kalau ada yang kelupaan, masukkan ke juga chroot jail.

satu lagi, ini 'pamungkas', setelah ini saya tidak dapat
membantu anda lagi, berikutnya harus melangkah sendiri
untuk mendapat pencerahan.. he..he.. jadi ingat matrix :p

- copykan strace ke chroot jail, misalnya ke /jail/bin
- copykan semua library yang dipakai untuk menjalankan
  strace (ldd strace).
- jadi root jalankan 'chroot /jail' (asumsi: anda menggunakan
  layout sama dengan saya, seperti contoh saya yang terdahulu,
  kalau tidak cocok ya disesuaikan saja :-)
- jalankan di chroot jail:

% strace telnet mail.telkom.net 25

boom.. anda akan dapat pencerahan :-)))

may the force with you. selamat jalan semoga sukses.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja