On 11-Jun-2002, Humphrey K. Widjaja wrote:
> For security's sake ..... Sebenernya kita bisa bypass
> .bashrc/.profile nggak yah ? Jadi misal gue ordinary user, gue
> telnet dan nggak mau jalanin .bashrc .profile

Minimal ada 2 cara yg langsung kepikir:
- 'man bash', cari --noprofile dan --norc.
- jangan pake bash atau shell yg bourne-ish, dg kata lain ganti login
  shellnya

Saya nggak tau seberapa banyak ini akan membantu "security", paling yg
terpikir hanya kemungkinan kalo bashrc atau profile diganti isinya
(misalnya dikasih 'rm -rf $HOME') oleh trojan, tapi issue "security"
yg sebenarnya adalah gimana supaya nggak sembarangan menjalankan
executables karena yg bisa dilakukan trojan bukan hanya mengganti isi
profile/bashrc.

> Kalo gue bandingin ama M$ Win9x, pas starting gue bisa tekan F5
> untuk bypass Config.sys and Autoexec.bat.

Anda membandingkan proses boot kernel (Windows) dg proses
login/startup shell (bash).

IMHO, in general sense, analogi tidak selamanya membantu, sering juga
membingungkan atau malah salah tempat.

See http://www.tldp.org/HOWTO/From-PowerUp-To-Bash-Prompt-HOWTO.html

Ronny