Humphrey K. Widjaja wrote:
> Notification and logging, jadi setiap ada user yang login,
> server akan mengirimkan message ke system owner's pager.
> Dengan demikian SysAdmin akan langsung tau kalo ada yang
> login ke servernya.

Kalau untuk ini saya kira lebih bagus anda buat sendiri
semacam daemon yang monitor wtmp/utmp. Entah mau pakai
simple poling loop/sleep script atau C select(2)/poll(2)
syscalls.

> Sebenernya gue punya system dimana setiap kali user logout,
> server bakal melakukan penghapusan directory /tmp dan
> membersihkan history dan disimpan untuk alasan keamanan
> dan dikirim ke admin. Command2 tersebut ada di script .keluar

Percuma, user bisa history -c sebelum dia logout
& cleanup his/her dirty work.

> Nah saat ini ".keluar" yang akan dijalankan setiap
> kali user logout. dan setting tersebut terdapat pada .profile
> command :
>  trap "$HOME/.keluar" 0

Kan ada ~/.bash_logout. Anyway semua script2 rc/profile
harus own by root supaya tidak bisa diedit oleh user.

Kalau pakai /etc/profile sebaiknya line 1:

- stty intr '' quit '' kill ''
- do something critical
- restore stty default values

Tapi kalau home dirnya belong to user dia tetap bisa
menghapus file tsb & bikin yg baru :)

> User hanya boleh memiliki tidak lebih dari dua session login,
> dan dua session tersebut hanya boleh dari IP yang sama. sebagai

Nah ini yang perlu lagi prog/script baru, soalnya yang builtin
pam/limits cuma bisa membatasi total session tanpa peduli darimana.

Anda sadar kan bahwa user tetap bisa spawn 1000+++ concurrent
virtual sessions via screen utils?

--
+-R-| Mozilla 1.0! Gecko/200206 |-H-| Powered by Linux 2.4.x |-7-+
|/v\ Agus Budy Wuysang                   MIS Department          |