At 12:57 18/09/02 -0700, you wrote:
>Maaf ikutan nimbrung,
>Apakah ada efeknya kalo concurency numbernya diganti jadi 255? Dulunya
>20, kalo ngikutin petunjuk
>lifewithqmail. Kalau misalkan ndak ada efek apa-apa, kenapa kok ndak
>langsung dikasih 255 aja ya

pengalaman saya, email server kami membutuhkan ribuan email 'sekali tembak'. jadi
membutuhkan concurrency yang cukup untuk mendukung tsb diatas.

dari FAQ yang saya dapatkan, bahwa settingan concurrency harus diperbesar, dengan
(sptnya) format:
total queue + 5

apabila ada ribuan email yang di queue, kayanya kalo ribuan + 5, kasian servernya.
jadi saya memutuskan untuk menggantinya menjadi 256 atau 512 besar angkanya.

sebenarnya tinggal mengganti nilai pada file /var/qmail/control/concurrency* saja,
namun default install yang saya pergunakan hanya dilimit hingga 120.

--- adi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]

dengan kesimpulan kutipan dibawah ini adalah, bahwa default 'silent' pun adalah 120.

-dn-

berikut kutipan dari :
http://www.faqts.com/knowledge_base/view.phtml/aid/2572

What is the limit on concurrencyremote?
Sep 7th, 2001 09:17
Frank Tegtmeyer, Dave Sill

The file "conf-spawn" in the build directory says:

  120

  This is a silent concurrency limit. You can't set it above 255. On
  some systems you can't set it above 125. qmail will refuse to
  compile if the limit is too high.

So, to raise concurrencyremote above 120 requires changing conf-spawn
and recompiling.

There's a patch on www.qmail.org called "big-concurrency" that raises
the limit to 16k or 32k--more than you'll ever need, and probably more
than your system can handle.

Markus Stumpf did some interesting comparisons of delivery speed
depending on different values of concurrencyremote. The URL is given
above.