On Rab, 2002-09-18 at 00:11, Hx Purnama wrote:
> NAT sudah bekerja baik untuk ketiga network tersebut, tetapi saya masih bingung
>bagaimana caranya supaya PC mis: 192.168.1.10 dapat melihat/mengakses sharing
>(network neighborhood) di PC mis: 192.168.3.10.
>
> Ssaya sudah memberikan perintah spt ini :
> route add -net 192.168.1.0 netmask 255.255.255.0 gw 192.168.1.1
> (perintah yg sama sudah saya berikan untuk network lainnya)
> Saya juga sudah membuka setting ipchains ke default ACCEPT policy agar dapat
>mengetest ping dari tiap-tiap PC client, tetapi saya tetap tidak dapat meroute paket
>dari/ke 3 network tersebut.

1. tak perlu diset routingnya lagi, saat interface up semua
connected-routing sudah langsung ada karena semua subnet tersambung di
box yang sama

2. rule ipchains yang anda jalankan jangan per-subnet untuk menghindari
local routing dimasquarade oleh si router (ambil supernet-nya)
misal
ipchains -A forward -s 192.168.0.0/16 -d dst....

3. pasang samba server di router tsb dan aktifkan fungsi WINS,
semua klien aktifkan samba untuk konek ke WINS

> Dan sehubungan dgn kondisi keuangan, ide untuk menggunakan switch tidak dapat
>terlaksana, sehingga saya terpaksa menghubungkan ke 3 hub tersebut langsung ke server.

tidak ada hubungannya dengan switch, switch bekerja di layer 2, masalah
anda adalah di layer 3

--
There's a truism that the road to Hell is often paved with good
intentions. The corollary is that evil is best known not by its motives