On Mon, Sep 30, 2002 at 11:09:51PM -0700, Admin-Stress wrote:
> Hm, setahu saya, switch itu kan tidak mem-broadcast packet. Jadi, misalkan
> ada packet datang dari port-1, dan ditujukan ke port-2, maka port lainnya
> harusnya ndak bisa 'mendengar' kan?  atau behaviour ini bisa diakali? atau
> pengertian saya yang salah ttg. switch?

seperti yang dijelaskan oleh budi @ indosarva.net, bisa dengan dua
cara: switch-nya dibom, atau menukar mac address asal/tujuan dengan
mac address kita (prinsipnya memaksa/membelokkan paket supaya
melewati mesin kita) -> arp spoofing.

tapi kalau membayangkan bagaimana caranya sniffing dari ndiwek
ke eskimo saja ya jangan mimpi :-)

Salam,

P.Y. Adi Prasaja