On 03-Jul-2003, Millis Linux wrote:
> Saya sudah set squid untuk hanya bisa dipakai oleh client lokal
> saja, transparant proxy juga. Ip tables juga sudah di set agar
> traffic TCP dan UDP port 80 di redirect ke port squid (8080).

Computer mana yg diset iptablesnya begitu? Apakah computer itu
satu2nya gateway/router ke internet yg dipake oleh semua org?
Kalo org lain bisa ke internet langsung tanpa lewat computer tsb
ya percuma lah diset iptables begitu.

> Tapi jika client saya pakai proxy lain, yang free proxy itu,
> mereka bisa akses situs2 yg sudah diblock oleh squid saya.

Nah, itu dia, kenapa clientnya bisa akses proxy lain? berarti
clientnya bisa akses internet langsung kan? Caranya ya buat
supaya nggak bisa ngakses internet langsung, dan satu2nya cara ke
internet harus melalui gateway anda itu.

Ronny