On 03-Jul-2003, Millis Linux wrote:

> He..he..he... mas Rony ini becanda aja...
> Khan sudah saya jelaskan, bahwa squidnya jalan di port 8080, jadi
> semua request TCP dan UDP ke port 80 dari client, saya redirect ke
> port 8080 (squid).

Nggak becanda kok, hehe. Gini loh, pake contoh aja deh biar jelas
yah. Misalnya proxy anda itu di yourproxy:8080, lalu ada free
proxy di freeproxy:3128 lalu client anda mau akses
http://linux.or.id:80.

Scenario 1, user anda tidak mengeset proxy apa2 di browsernya,
berarti browsernya langsung mau connect ke linux.or.id:80, tapi
ditangkap sama gateway anda lalu diredirect ke yourproxy:8080.

Scenario 2, user anda mengeset yourproxy:8080 sebagai proxy di
browsernya, browsernya tidak connect langsung ke linux.or.id:80
tapi ke yourproxy:8080 (iya, 8080! bukan 80) baru dia bilang ke
proxy kalo dia mau ngakses http://linux.or.id:80, jadi dia tidak
ada buka koneksi ke port 80 sama sekali!

Scenario 3, user anda mengeset freeproxy:3128 sebagai proxy di
browsernya, mirip seperti scenario 2 browsernya connect ke
freeproxy:3128, tetap tidak buka connection ke port 80 sama
sekali walaupun alamat yg direquest ada port 80-nya tapi yg
membuka koneksi ke port 80 adalah si proxynya.

> Dan di Iptables default policynya DROP semua, yg saya buka
> untuk client memang hanya port2 itu saja (80,8080,53), untuk
> SSH hanya 1 ip yg boleh akses. Untuk Publik, yg di buka hanya
> port 80 (Web).

Ya berarti yg terjadi adalah scenario 3, tapi free proxynya
menggunakan port 80, 8080 atau 53.

Kenapa sih kok dibukain port 80, 8080 dan 53 ke internet kalo
udah pake proxy? Usul saya, client gak usah dikasih lewat sama
sekali ke internet, biar dia mau gak mau hanya lewat proxy anda
saja.

Ronny